welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

1.5.11

Another Form of Love




Mungkin diantara kamu pernah kali ya ngebanding-bandingin pasangan kamu dengan orang lain. Misalnya nih kadang kalo liat pacarnya temen A kok baik banget ya mau anter jemput tiap hari. Atau pas liat pacarnya si B kayaknya setia banget deh. Kemudian liat lagi pacarnya si C, udah tajir, keren lagi. Well, stop comparing yourself to others right now! Yang kita lihat itu nggak selamanya kayak apa yang kita pikir. Hubungan orang lain dan pacarnya bisa aja kelihatan sempurna. Tapi kita kan nggak tahu gimana cerita lain di belakang yang 'kelihatan' itu. Nggak mungkin dong dalam suatu hubungan semuanya bakal berjalan indah-indah aja.

My point is; cinta itu bentuknya bisa macem-macem. Bukan cuma dengan hal-hal yang indah-indah dan visual aja. Belum tentu lho pasangan yang keliatannya sempurna banget dari 'luar' itu punya story yang seneng-seneng mulu. Mereka pasti punya case dimana cukup mereka berdua aja yang tahu. Misalnya saat mereka sedang bertengkar atau trouble pribadi. Hal ini nih yang nggak bisa kita liat secara gamblang. Jadi seolah-olah kalo liat relationship orang lain dan ngebandinginnya ke kita kok jadi gimanaa gitu.

Now, let me tell you about another form of love. Cinta itu bentuknya nggak cuma satu. Bukan berarti pasangan yang cuek dan jarang banget sms itu sama dengan nggak punya cinta sama sekali buat kamu. Seseorang kadang punya cara sendiri untuk membungkus satu paket cintanya ke kamu. Nah, paket ini nih yang kadang sering salah kita terjemahin sebagai 'nggak cinta'. Contohnya kalo dia udah nggak ngasih kabar selama semingguuu aja kita langsung sewot dan sering nuduh yang nggak-nggak. Padahal seminggunya dia cuek itu bukan berarti nggak cinta. Tapi kan bisa jadi dalam seminggu itu dia lagi nyiapin suatu surprise buat kita. Atau mungkin dia lagi bener-bener sibuk. Cinta bentuknya bisa bermacem-macem, here are some form of your love anyway...

1. Jealous

Cemburu itu salah satu bentuk cinta lho. Emang sih kadang kalo dicemburuin secara berlebihan itu nggak nyaman banget. Kesannya kok jadi kayak nggak percayaan aja. Padahal udah kasih penjelasan ini itu tapi kadang dia masih ngeyeeeel gitu. Negatif dari rasa cemburu sih emang kadang ngebuat kita susah nafas buat ngebuat orang lain jadi ngerti tentang kondisi yang sebenarnya. Tapi jangan langsung nge-judge dulu kalo hubungan nggak bisa dipertahanin dengan dasar pertimbangan bahwa cemburu itu bisa jadi salah satu bentuk cinta. Seseorang atau pasangan kamu itu bisa aja ngejadiin rasa cemburu sebagai ekspresi kepeduliannya atau pengen nunjukin “ini loh aku”. Bukan berarti dia nggak kreatif dengan cara lain ngungkapin cinta. But believe it or not, beberapa orang emang mengalami kesuliatan untuk urusan seperti ini sehingga memilih cemburu sebagai bentuk lain dari keinginannya untuk diakui.

Yup, of course kamu tetep harus ngingetin dia kalo cemburunya udah kelewatan alias a blind jealous. Apapun alasannya, cemburu bukan alasan untuk kontak fisik seperti pukulan atau tamparan. Its danger alert dan kamu harus ambil tindakan kalo form of love dari bentuk jealous ini sudah disalahartikan ke dia. Be assertive.

2. Pendengar yang baik

Saat kita lagi punya masalah, rasanya wajar banget ya kalo kita kepengen curhat dan minta pendapat. Tapi tentu aja nggak semua orang bisa kayak dokter yang bisa mendiagnosa suatu ‘penyakit’ dan langsung memberi resep. Beberapa orang nggak punya bakat untuk ngasih solusi atas permasalahan kita. Mungkin karena dia bukan problem-solving oriented atau emang ditakdirin jadi seorang good listener aja buat kamu. Pikir lagi deh, kita kalo lagi curhat udah bisa didengerin dengan baik aja syukur. Curhat kan intinya ngelepasin beban kita dengan bercerita.

So, kalo dia jarang banget nanggapin curhatan kamu, coba cek lagi body language or gesture-nya pas dengerin kamu curhat. Bisa aja kan dia itu udah berusaha keras buat dengerin kamu ngomong dan menghargai kamu. Yah, walopun tanpa solusi at least he’s trying to treat you well. Seseorang yang mau jadi pendengar yang baik itu berarti dia pengen nunjukin juga kalo dia peduli.

3. Cool VS Possesive

Ngaku deh, kita ini kadang sering banget ngeluh kalo pasangan kita terlalu bla bla bla. Misalnya kalo pasangan terlalu cuek dan sering banget ngebuat kita setengah mati nunggu telepon-nya terus kita bilang dia udah nggak saying lagi sama kita. By contrast, kalo pasangan malah terlalu sering telepon kita dan mau tauuu aja kemana kita pergi, kita kadang ngeluh kalo dia tuh nggak percayaan plus embel-embel over protective. Emang sih, kita maunya punya pasangan ideal yang punya sikap biasa-biasa aja. Dia nggak terlalu cuek tapi juga nggak terlalu ‘mengikat’ kita banget. Tapii, bukannya udah jadi ungkapan yang klise banget kan ya kalo di dunia ini nggak ada yang sempurna. Anggap aja ketidaksempurnaan pasangan sebagai bagian dari sesuatu yang bisa kita cintai terlepas dari kelebihannya.

Jadi kalo pasangan kita kelewat cuek ataupun sebaliknya malah kelewat peduli, kita-nya yang mainin peran sebagai orang yang bisa ngertiin dia. Ngertiin dalam artian bukan dengan nerima gitu aja perlakuan itu dengan membenarkan kalo itu tindakan itu adalah yang tepat. Atau parahnya lagi, jangan sampe kita berpikir to give him/her the same feedback. Orang yang cuek atau berlebihan jangan dibales dengan tindakan yang sama. Terima sifat cool or possessive itu sebagai another form of love sambil sesekali ngasih dia pengertian dengan ucapan yang baik. Tentunya bukan dengan marah-marah nggak jelas “Aku tuh nggak suka banget deh sifat kamu itu yang…..”. Coba ganti kata-katanya jadi, “aku sebenernya suka banget punya pasangan yang sifatnya kayak kamu, tapi aku bakal lebih seneng lagi kalo kamu bisa saying sama aku dengan cara yang...”. Everybody knows, bahasa yang baik pasti bakal ngasih kita outcomes yang baik juga. Percaya deh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar