welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

21.12.10

Tentang CPNS



Gw baru aja selesai makan waktu hp gw bunyi. Nama Septa muncul di ponsel zaman baholak itu. Padahal males banget mau ngangkat. "Duh, ta. Gw pengen nonton vcd yang udah dua hari gw rental malem ini ketimbang ngangkat telepon itu dan ngobrol sama seorang Septa temen gw yang baek di telepon lama-lama" lirih gw membatin. Ya, cuma dalem batin. Gw nggak mungkin tega untuk ngebiarin tu telepon dari temen gw nggak terangkat dengan sengaja. Walopun malem itu gw lelah banget seharian cuap-cuap di radio ditambah lagi nulis dan ngajarin anak baru di JE. Tapi temen tetep aja temen. Percakapan dimulai saat gw bilang "halo".

As usual. Temen gw yang satu itu emang rada ngaco. Omongan mule dari ceramah sampe ke test CPNS. Septa ikut test itu tahun ini. Dan dramatis banget rasanya pas gw tanya "lulus ya ta?". Dia jawab,"iya lulus. Mungkin taon depan!". Duh, kasian amat tu anak. Tapi lebih kasian gw deh kayaknya. Taon ini gw belom bisa tes karena belom wisuda. Septa emang wisuda duluan. Menurut gw itu cuma masalah waktu. Toh, skripsi gw selesai tanpa telat di tahun ke empat kuliah gw.

Balik lagi ke soal CPNS, gw dan Septa udah kayak detektif yang ngobrol nggak jelas lewat telepon. Mulai dari kecurigaan kita pada beberapa nama yang kita kenal 'record' nya dikampus terus bisa lulus (kata Septa agak aneh). Sampe ke permasalahan nggak penting tapi tetep menarik untuk dibahas. Kenapa gw bilang nggak penting? Karena ya sebenernya nggak penting untuk punya satu cita-cita aja di hidup kita, jadi CPNS.

Gw? gw juga bakal ikut test PNS taon depan. Tapi gw bakal bersikap sewajarnya aja kali. Kita nggak perlu terlalu antipati sama 'titipan' kan. Emang, yang bakal lewat jalur nggak semestinya itu bakal ada. Kalo semua manusia baik, terus apa fungsinya setan dong? Akan ada kecurangan disekitar kita. Kalo kita percaya sama yang diatas, kita juga percaya kalo jalan yang disediakan untuk kita itu sebenarnya udah 'ada'.

CPNS. Kenapa banyak yang pengen? Karena jaminan masa tua? Gajinya? (Padahal setelah gw bandingin data gaji PNS untuk golongan yang lulusan S1 sama gaji di swasta bedanya cuma setipis kulit bawang) Atau justru karena jabatan yang gimana gitu. Menurut gw sih di negeri atau swasta itu ya tergantung sama orangnya juga. Gw bukan berarti antipati sama CPNS. Gw juga berminat ke sana. Tapi kalo nggak lulus, ya nggak perlu juga ber-IRI- hati sama mereka (yang kalian curigai) lulus dengan cara yang dibuat mulus. Mereka yang lulus baik secara bagus atau setengah tulus dengan fulus, ya punya jalan mereka masing-masing. Kita? kita juga punya jalan untuk kita sendiri. Yang belum tentu juga nggak kalah bagus ketimbang jadi abdi negara itu. Bagi yang belom test, lebih baik jangan parno deh. Ada kok yang murni. Tapi kalo gw boleh saran sih jauh-jauh deh sama jalan yang instan. Kalopun mereka yang 'titipan' itu jadi saingan lo, ya biasa aja. Dia boleh menang di dunia, tapi belom tentu dia menang di akhirat, kan? Tuhan menyiapkan tempat yang layak bagi orang yang jujur.

Septa, walopun malem itu dia telepon gw dengan mencurahkan keselnya karena dia belom bisa lulus taon ini. Tapi dia (katanya) bakal tetep jadi manusia. Dia bakal tetep jadi temen gw yang dengan PD-nya bilang, "Lulus mei, mungkin taon depan!". Ya, yang kita butuhkan itu optimis! Karena dengan optimislah kita itu bisa bertahan. Look at me! Gw punya banyaaaaak banget cita-cita. SELAIN JADI PNS, gw pengen juga jadi penulis (walopun sekarang emang penulis rubrik anak muda, tapi gw pengen bisa nulis buku), gw pengen juga berkarir lebih jauh di dunia broadcast (walopun sekarang udah jadi penyiar, tapi gw juga pengen yang lebih lagi), gw pengen ngikutin kemauan ortu buat jadi guru, pengen jadi bankir, staff officer dll. Yang jelas, cita-cita gw itu banyak! titik. Jadi kalo taon depan gw test PNS terus belum beruntung, ya gw nggak akan ngedumel dan nyari kambing hitam (ada kambing pink nggak ya?) segala alasan-alasan dibalik ketidaklulusan itu. Gw bakal nyari bukti kalo kita sukses bisa juga dengan alternatif cita-cita kita. There so many way to Rome!

Gw PD dwong, apapun kerjaan gw ntar gw (harus) bisa juga jadi orang sukses. Selamat untuk yang lulus tahun ini. Bagi yang belum kayak Septa-Septa lain, jangan nyerah. Jangan mau kalah sama sesuatu yang nggak penting. Oke oke, kalo ada yang bilang jadi PNS itu penting, tapi menurut gw jadi orang penting (positif ya) itu nggak mesti jadi PNS. Hell to the no.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar