welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

20.12.10

Mempertahankan atau Melepaskan


Ini curhatan gw di hari Minggu pagi yang cerah. Jam sepuluh pagi yang seharusnya gw masih males-malesan di rumah. Nyuci baju atau sekedar buka majalah sambil dengerin Guy Sebastian lewat PSP. Tapi oh tapi. Gw mesti cabut sama pinky (nama matic gw). Guess where? Yep. Bukan untuk jalan sama si jelek. Tapi untuk ke kantor!

Oke, bisanya minggu juga kadang gw ngantor. Nulis antah berantah atau sekedar blogging walking. Tapi nggak sepagi itu juga kali. Ya ya ya. Beberapa hari lalu gw emang dalam persimpangan. Gw dikasih pilihan untuk bertahan atau melepaskan. Udah sekian taon gw jadi penulis lepas a.k.a freelance journalist di gedung biru ini. Nyambi siaran dan juga nyelesain kuliah gw. Nah, berhubung gw Januari ntar mw wisuda dan temen-temen sesama penulis lepas di sini juga pada banyak yang mau resign dengan beragam alesan. Mulai dari skripsi, ujian dll. Jadilah tinggal gw sendiri yang mesti nentuin pilihan di idup gw yang singkat ini.

Mempertahankan sebagai penulis lepas, atau melepaskan semua kerjaan ini?!
Nggak tahu kenapa semua lancar-lancar aja. Skripsi gw kelar on time dan sama sekali jauh dari kesan 'susah'. Sekalipun itu gw kerjain sambil megang double-job sekalipun. Itu bukan kelebihan. Tapi gw rasa itu keberuntungan. Alhamdulillah.

Siaran? Itu dunia gw banget. Gw nggak bisa idup rasanya kalo nggak cuap-cuap. Nulis?sama aja. Dunia gw. Makanya gw milih untuk bertahan di Xpresi JE dan nggak ikut-ikutan resign kayak temen-temen lain. Sekalipun gw rasa gw juga punya alasan yang sama kayak mereka. Tapi gw coba bertahan di sini. Jangka pendek sih setelah wisuda gw bakal (katanya) jadi leader di Xpresi, rubrik gw ini. Gw juga bakal ngajar (amiiin) dan juga bakal tetep siaran. Gw sangat suka kesibukan!

Nah, karena keputusan gw untuk bertahan itulah, gw dihadepin sama tanggung jawab buat nyeleksi calon pengganti rekan-rekan gw yang mw resign. Jadilah gw di hari minggu ini mesti ke kantor buat interview dan melototin berkas lamaran para anak baru yang beberapanya bakal jadi rekan gw megang rubrik Xpresi ini.

Gw bingung! Ni pertama kali dalem idup gw dikasih kepercayaan buat nerima/nolak berkas lamaran anak manusia yang juga pengen jadi penulis lepas kayak gw di gedung biru ini. Tapi gw tetep percaya, keputusan gw untuk tetap bertahan adalah keputusan gw yang mateng. Gw akan bertahan! Karena gw harus komit sama keputusan gw untuk nggak melepaskan.

Sama kayak hubungan gw sama si jelek. Mereka yang banyak bilang kalo pacaran itu negatif ngebuat iman gw kayak daun kelapa yang kena angin! Ya, gw manusia biasa yang juga pengen jadi orang baik. Sebelum si jelek dateng ke idup gw, gw emang udah mutusin buat 'berubah' jadi seorang muslimah yang nggak pacaran sebelum nikah. Tapii, apa daya, pesona si jelek terlalu kuat buat gw tolak. Gw terima dia bukan cuma karena 'cinta' yang kata orang udah mulai bergeser maknyanya. Gw tahu, bahwa 'berubah' itu nggak gampang. Kita juga butuh waktu. Bukan cuma karena kita belum siap, tapi juga agar ketika kita udah 'berubah' jadi lebih baik, nggak tergoda lagi untuk berubah ke 'kita' yang lama. See?

And the story goessss...
gw dan si jelek milih buat bertahan. Ketimbang melepaskan satu sama lain. Walopun dia emang bilang kalo dia juga ragu dengan konsep 'pacaran'. Tapi satu hal yang gw yakin adalah.. dia HARUS jaga gw dari hal-hal yang negatif. Dia manusia, gw ranger! Kita beda dalam satu hal dan sama dalam hal lain. Sebenernya, bukan dia aja yang punya tanggung jawab untuk 'jaga' gw. Tapi gw jg punya tanggung jawab buat 'jaga' dia. yep, kita bakal sama-sama saling jaga ditengah arus yang (katanya) pacaran itu negatif. Bukannya orang hebat itu bukan MENCARI bukti. Tapi juga MENJADI bukti. Dan gw bakal bilang "NGGAK KOK!" sebagai bukti kalo ada yang bilang pacaran gw dan jelek itu negatif. Karena bagi gw, apa aja yang gw lakuin ke dia itu bukan cuma soal kita berdua aja. Tapi kita punya tanggung jawab untuk ngejaga perasaan keluarga, kan?

Itu komitmen dan dampak dari sebuah keputusan. Gw nerima si jelek dan nggak akan mungkin dengan mudah gw lepasin. Gw dapet kerjaan di kantor ini dan juga nggak akan mudah gw tinggalin. Ada hukum sebab akibat di setiap keputusan kita. Bukan berarti yang salah itu salah. Tapi dari yang salah itulah kita bisa belajar.

Gw milih bertahan.
Karena ketika kita melepaskan, kita belum tentu bisa bertahan jika suatu saat nanti kita harus bertahan pada kondisi yang berbeda. Hidup bukan tentang gimana kita milih secara bener. Tapi adalah tentang gimana kita idup secara bener dan bertanggung jawab atas apapun pilihan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar