welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

15.10.10

Musik manis dari Missecerez



(Resensi Musik Lokal)
Pembaca blog yang bersemangat, berikut  hasil wawancara saya bersama band lokal Jambi sebagaimana yang pernah diterbitkan di rubrik Xpresi JE

"Hi guys, industri musik lokal belakangan mulai menggeliat seiring dengan perkembangan dan kebutuhan akan musik itu sendiri. Bahkan mengutip apa yang dikatakan Anita Moran di majalah Go Girl keluaran lokal 'music is mood stabilizer'. Begitulah kira-kira. Arti musik bukan cuma sekedar liriknya aja. Tapi lebih dari semua itu. Nah, atas dasar alasan itulah, Fenny (vokal), Rina (gitar), Acha (Bass), Ana (Drum), dan Anca (Keyboard) membentuk sebuah band lokal di Jambi dengan nama "Missecerez band" tepat pada perayaan ulang tahun Acha pada 13 April 2008. Saat ini mereka sudah banyak wara wiri di tanah musik Jambi. Lagu mereka bahkan masuk chart tangga lagu radio di luar kota Jambi, tepatnya di Kalimantan. Sounds great yea!


'Miss' yang identik dengan arti kata 'wanita' dan 'cerez' yang merupakan planet temuan terbaru yang sangat indah namun belum dikenal menjadi kata dasar nama band yang punya aliran pop alternatif ini. Berikut hasil penelusuran saya terhadap lagu-lagu yang sudah mereka ciptakan. Saya kemas dalam resensi musik lokal, biar kita yang orang lokal lebih bangga dengan produk lokal karya lokal. Please, dont stop the music!

1. Telah habis

Beluum!! hei lagunya belum habis. Jangan kabur dulu sodara-sodara! Halah. Maksud saya, lagu pertama yang juga jadi hit single mereka ini berjudul ‘telah habis’. Lagu yang merupakan ciptaan Ana ini terdengar sangat catchy di telinga saya waktu dengernya. Jadi kisah dibalik pembuatan lagu ini adalah waktu sang vikalis lagi patah hati. "Iya, jadi aku bikin lagu waktu Fenny patah hati" ungkap Ana yang kemudian disusul oleh senyum malu-malu dari Fenny saat mereka mengunjungi kantor Xpresi JE beberapa waktu lalu. Lagu ini menceritakan seorang cewek yang pacarnya menghilang. "Jadi harapannya udah habis gara-gara pacar si cewek menghilang" lanjut Ana. Coba deh denger lirik reffrain lagu ini, "Aku tak kan bertahan.. Telah habis semua harapan..bla bla" seolah mewakili dalamnya rasa sakit hati kalo ditinggal pacar. Cocok buat kamu yang baru patah hati, guys. "Lagu ini punya pesan untuk jagalah kebersihan" ungkap Ana bergurau pada tim Xpresi saat ditanya tentang pesan yang ada di lagu ini. Tepatnya, lagu ini kata Ana sih mengajak pendengarnya untuk belajar menghargai pacar dan kasih sayang yang diberikan. Semua personil ngaku feel mereka juga bisa dibilang 'dapet' banget saat membawakan lagu ini. "Aku nyaman-nyaman aja bawa lagu ini" kata Rina sang gitaris mewakili yang lain. Tapi, bukan berarti lagu ini nggak punya kendala lho. Tetep ada sedikit hambatan pada proses pembuatan lagu. Mereka mengakui kalo sebelum lagu ini jadi sempet bingung waktu lirik yang pas belum ketemu. But juz fyi nih, lagu ini kemudian bisa dibilang nyambung banget dengan lagu mereka selanjutnya. Keep reading on ya!

2. MAD (Masih Ada Dihati)

"Duluan lagu kita lagi!" ketus Ana waktu Xpresi bilang judul lagu ini mirip dengan lagu Ello yang 'Masih Ada'. Ampun deh An, Xpresi percaya koook. Lagu ini menceritakan tentang seorang cewek yaang nggak bisa ngelupain pacarnya. Selain itu juga mengiahkan bhwa si cewek masih berharap sama cowoknya. Lagu ini merupakan salah satu lagu yang masih bersambung dengan trilogi lagu Missecerez lainya yakni 'Telah Habis' dan 'Kembali'. Awal penciptaan lagu ini lagi lagi berasal dari Ana yang kemudian share ke Fenny dan personil lain. Pesan lagu yang dibuka oleh suara intro keyboard ini adalah anjuran untuk jangan berhenti berharap pada seseorang yang kita cintai agar dia kembali. "Karena selagi masih ada cinta, harapan itu juga masih ada" kata Ana menambahkan. Duh, lagi-lagi kata Ana. Jangan bosen baca petikan wawancara saya pada liputan kali ini. Soalnya pada wawancara sore itu memang didominasi oleh percakapa si Ana. Maklum deh, drummer kita kayaknya emag berbakat ngomong nih.

3. Kembali

Lagu ini punya lirik yang kuat dan bikin happy. Hasil ciptaan kolaborasi antara Fenny dan Ana ini seolah mampu menghipnotis pendengarnya lewat lirik yang kuat dan dalem. Lagu ini menceritakan tentang pacar yang hilang dan kembali. Yap, udah pada tahu kan kalo lagu ini merupakan salah satu lagu trilogi ala Missecerez. Kalian mungkin bakal kaget waktu denger intro lagu ini dibuka oleh suara semua personil yang punya khas dan koor masing-masing. Bagi Ana, lagu ini juga punya pesan bahwa kalo kita lagi marah itu nggak boleh langsung ngajak putus. Tuh, dengerin ya bagi kamu yang suka putus nyambung gitu.

4. Hilang arah

Saya (berjilbab abu-abu) sedang berpose bersama Missecerez Band di gedung JE lt 3. Yup, salah satu personil mereka sekarang juga sudah menggunakan hijab =)
Bagi yang pernah tersesat cocok kali ya kalo denger lagu yang satu ini. Abis judulnya mengisyaratkan kehilangan sebuah arah gitu. Bagi Rina sang gitaris lagu ini bercerita tentang orang yang sedang patah hati. “Tentang seseorang yang sedang patah hati karena pacarnya selingkuh gitu” jawab Rina yang juga ngaku paling sulit ngiringin petikan gitarnya ke lagu ini. Lagu hilang arah ini punya melodi yang kuat selain MAD. “Untuk cowok-cowok yang udah ninggalin cewek jangan langsung pacaran lagi. Karena kalo udah kayak gitu, ceweknya bakal nggak mau lagi” Kata Ana seperti mengultimatum para cowok di luar sana. Psst, di lagu Hilang Arah ini, para personil ngaku lebih mentingin musik daripada lagu. Makanya musikalitas di lagu satu ini udah nggak diraguin lagi. Check this song Guys!

5. Aku Cintamu

Walopun lagu ini lagi proses, tapi para personil Missecerez nggak ragu buat berbagi sama saya. Lagu yang paling nge-beat diantara lagu lainnya ini menceritakan tentang cewek yang tergila-gila sama pacarnya. Saking gilanya nih guys, dia nggak peduli kalo cowok yang ditaksirnya itu nggak disukai sama orang lain.

Nah, itu dia beberapa lagu mereka yang udah berhasil saya bedah buat kamu. Bagi yang pengen denger langsung lagu mereka bias di download di 4shared.com dan langsung searching ‘Missecerez’. Mereka punya harapan yang besar untuk bisa go nasional dan musik mereka diterima dengan baik sama masyarakat luas. Btw, mereka kalo ngumpul di studio Fencia atau Own studio bagi kamu yang juga pengen kenal mereka lebih jauh. Atau bisa gabung di grup FB mereka, ‘Tsuka cerez’. Missecerez say thanks to: Allah swt,para orang tua mereka, own studio, EO, Fencia studio, warzone, art organizer, RED, central boss, angora, vega, massiver, J-Rock stars, basskom, JGC and all.


as publised in Rubric X-Band Xpresi JE
Salam.

1 komentar:

  1. Boleh saya minta no kontak band ini mbak..
    Di mana saya mendapatkan album dari missecerez...
    Saya udah lama mencari band ini..tolong ya mba kalo ada informasi soal band ini..

    BalasHapus