welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

18.12.09



True Story by David Sheff

Judul
TS. Beautiful Boy
Seri
No. ISBN
9789792758283
Penulis
David Sheff
Penerbit
Elexmedia Komputindo
Tahun Terbit
2009
Jumlah Halaman
552
Berat Buku
450 gram
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi (L x P)
135 X 200

Hi sahabat DeJe. Apa kabar? Pastinya harapan tim DeJe kamu semua baik-baik aja yah!. Yap, as usually, kita ketemu dalam rubrik resensi. Biar pengetahuan sahabat DeJe seputar isi buku tuh bisa lebih up date lagi. kali ini DeJe punya buku yang ngangkat kisah nyata seorang ayah yang anaknya merupakan pecandu narkoba. Gimana perjalanannya?! Yuk kita intip sedikit kisahnya…
Apa sih yang pertama kali terlintas dibenak kamu waktu denger kosakata beautiful? Pastinya identik dengan kecantikan ato keelokan tang dimiliki kaum hawa kan?. Buku ini beda. Mengetengahkan sebuah perjalanan kisah nyata perjalanan seorang ayah mengahdapi putranya yang kecanduan terhadap narkoba. Apa coba kaitannya dengan beautiful boy?!
Beautiful Boy yang merupakan tulisan dari David Sheff menceritakan Perjalanan Seorang Ayah Mengatasi Kecanduan Narkoba Putranya. Apa yang telah terjadi pada putranya tersayang? Pada keluarga mereka yang bisa terbilang bahagia dan berkecukupan? Kesalahan apa yang telah diperbuat? Itulah pertanyaan-pertanyaan memilukan yang membayangi setiap waktu dalam perjalanan David Sheff mengatasi kecanduan narkoba putranya Nic, dan langkah-langkah sementara menuju penyembuhan. Sebelum Nic Sheff kecanduan terhadap kristal shabu, dulunya ia adalah seorang anak laki-laki yang menarik, penuh kegembiraan dan lucu, seorang atlet dalam regu olahraga di universitas serta mahasiswa kehormatan yang dipuja oleh kedua saudara tirinya yang berusia lebih muda. Setelah kecanduan shabu, Nick menjadi sesosok hantu gemetaran yang berbohong, mencuri, dan hidup di jalanan. David Sheff menemukan tanda-tanda peringatan awal: penyangkalan, telepon-telepon pukul tiga dini hari-apakah itu Nic? Apa polisi? atau rumah sakit? Perhatiannya yang begitu tersita pada Nic membuatnya jadi kecanduan terhadap kegiatan itu sendiri. Kekhawatiran dan tekanan yang merasukinya akhirnya memakan korban yang dahsyat. Namun, sebagai wartawan, dia secara naluriah meneliti semua ikhtiar pengobatan yang mungkin bisa menyelamatkan putranya dan menolak menyerah dalam menangani Nic. Beautiful Boy adalah sebuah kisah nyata yang sangat jujur, menghadirkan kesiapan untuk menghadapi kondisi emosional yang naik-turun dengan cepat dalam menyayangi seorang anak yang kelihatannya tidak bisa diselamatkan.

Nic sendiri sebenarnya adalah orang yang cerdas, menakjubkan, penuh kharisma dan penuh kasih jika sedang tidak memakai narkoba, namun seperti setiap pecandu yang sudah pernah memakai narkoba, Nic menjadi orang asing ketika memakai narkoba. Dia tak terjangkau, bodoh, merusak dirinya, rapuh dan berbahaya. Ayahnya telah berjuang untuk mempersatukan kedua pribadi ini. Apapun penyebabnya- kecendrungan genetis, perceraian ataupun masa lalu serta kurangnya penjagaan, kegalauan melindungi, ketidaktegasan, kekerasan hati dsb. Intinya semua kecanduan Nic sepertinya memiliki kehidupan sendiri. Ayah Nic mencoba mengungkapkan betapa berbahanya kecanduan menyelinap kedalam sebuah keluarga dan mengambil alih. Banyak masa dalam dekade yang lampau David membuat kesalahan tentang ketidakpedulian, harapan dan ketakutan. David telah mencoba mengumpulkan semuanyasetelah dan ketika hal itu terjadi dengan harapan bahwa pembaca akan mengenali mana jalan yang salah sebelum mereka menempuhnya. Jika ‘mereka’ tidak mengenalinya, bagaimanapun David berharap pembaca bisa menyalahkan diri sendiri ketika telah memilih narkoba. Jangan sampe ya salah satunya diantara kita…
Narkoba, sebuah kata yang punya effect luar biasa negativ. Bukan Cuma dilihat dari segi materi. Tapi juga dari segi sosial diri. Orang yang tadinya memiliki sejuta prestasi bisa aja kan tiba-tiba down kalo udah kecanduan?!. Sedihnya lagi, kalo udah memiliki ketergantungan terhadap benda mengerikan satu itu, kita pasti rela ngelakuin apa aja demi ngedapetinnya. Gak peduli harta, benda atopun nyawa sekaligus!. Nyaris miris kan?!. Jauh-jauh deh dari yang satu itu.
Dalam isi buku ini bukan hanya mmaparkan asumsi maupun imajinasi saja loh sahabat DeJe. Tapi juga mengetengahkan beberapa fakta seputar realita yang diangkat. Simak deh salah satu kutipannya:
“seperti baru-baru diawal tahun 2006, pemerintah Bush memancing kemarahan politik sewaktu pejabat di Kantor National Drug Contril Policy memperkecil hasil survey National Association of Counties dimana lima ratus petugas penegak hokum setempat diseluruh negeri menyebut shabu sebagai persoalan mereka yang nomor satu. (Kokain nomor dua, dan Mariyuana nomor tiga). Kemudian tahun 2006, National Drug Intelligence Centere mengumumkan secara luas hasil survey yang lebih besar dan acak dari tiga ribu empat ratus perwakilan pengadaan obat-obatan diseluruh negeri. Untuk pertama kalinya sejak organisasi itu mulai mengadakan survey, jumlah terbanyak (40 persen) menyatakan shabu sebagi masalah obat-obatan mereka yang paling nyata”.

Nah lo! Dari kutipan tadi, bisa dikategorikan buku ini bisa dibilang berani dalam mengungpkan fakta yang tentunya bisa ngebuat kita tahu banyak tentang fakta-fakta real menyangkut narkoba. Berminat? What are you waiting for? Pastiin deh, you’ve to go to Gramedia Jambi now!!! (Mei)

3 komentar:

  1. tukaran alamat link blog apa aku boleh!!
    o iy mohon petunjuk ny dalam menulis blog dung!!
    www.persahabatan-mamen.blogspot.com

    BalasHapus
  2. o iya.. bagaimana pengaturan komentar, jika ada pengujung yg melihat blog kita, terus pengujung tersebut ingin merepost komentar nya, langsung bisa nampil..
    kalau di blog saia jika ada pengujung yg ingin berkomentar, terus agar komentar ny bisa tampil, itu harus ada persetujuan dari saia. gimana pengaturan / setting untuk komentar tersebut agar OTOMATIS bisa nampil

    BalasHapus
  3. Nice to share,
    duh,mungkin pertanyaannya bisa kejawab dengan sekali googling kali ya ;)

    BalasHapus