welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

16.12.09




Kisah Persahabatan Penuh Liku

Friendship Never End!!!

Hi sahabat DeJe , edisi Bookclub kita kali ini, DeJe berkesempatan bertemu dengan para Bookclub kita yang udah menggandrungi novel karangan Donny Dhirgantoro ini, 5 cm. Basiclly, kisah yang menceritakan indahnya persahabatan dan ajakan untuk cinta tanah air. Ceritanya, lima orang tokoh di buku ini sudah menjalin persahabatan selama 7 tahun. Lima tokoh ini adalah Arial yang paling ganteng, Riani sebagai satu-satunya cewek, Zafran yang sok ngerasa sebagai penyair, Ian yang paling subur badannya dan Genta yang dianggap sebagai informal leader di kelompok itu. Selain lima tokoh utama masih ada beberapa tokoh figuran yang ikut menunjang cerita ini. Kalo udah ngumpul mereka berlima suka melakukan kegiatan-kegiatan yang rada nyeleneh. Mulai dari nyobain kafe dari yang termahal sampe yang termurah, nonton segala macam filem di bioskop dan layar tancep ato sekedar ngobrol dan becanda. Semua bisa dijadiin bahan obrolan dan becandaan di antara mereka berlima. Terkait hal ini, Iful, satu dari tiga bookclub kita pun angkat bicara “Persahabatan memang gak bisa dinilai oleh apapun” mungkin ini dikarenakan tpara tokohnya yang lucu-lucu ya? Nih DeJe kasih salah satu kutipan nya:
Bagi mereka, tak ada lagi yang bisa diobrolkan tentang Lennon, Sinatra, Che Guevara, Robert Smith, Kurt Cobain, Konfusius, Julius Sitanggang, Nobi Nobita, Froddo Baggins, ataupun Whitman…(5cm, hal. 4) kebayang kan? Kenapa Iful berpendapat demikian. Persahabatan emang gak ada nilainya, semuanya bahkan bisa diomongin.
“Ciwi pun tak ingin kalah, baginya novel ini inspirativ banget!”. Gimana enggak, dalam tujuh tahun persahabatan mereka, mereka akhirnya merasa ada kejenuhan di antara mereka. Mereka emang gak saling marahan, mereka cuma ngerasa ada yang mulai hilang dari kebersamaan mereka. Perasaan itu mereka ungkapkan ketika mereka berkumpul di halaman belakang rumah Arial yang biasa mereka sebut sebagai Secret Garden. Pada saat mereka tenggelam dalam lamunan mereka, Genta the leader, mengusulkan agar mereka gak ketemuan dulu. Dan yang lebih ekstrim, Genta ngusulin agar mereka bener-bener gak saling kontak selama masa ‘perpisahan’ ini, jadi bener-bener mereka bisa mikirin diri dan mimpi-mimpi mereka masing-masing. Masa perpisahan itu mereka putusin bakal berlangsung selama 3 bulan, dan next three months itu dalam cerita ini adalah tanggal 14 Agustus. Dan Genta sudah punya rencana kegiatan yang bakal mereka lakukan 3 bulan yang akan datang.
Cerita kemudian mengalir pada kegiatan masing-masing tokoh. Arial yang jatuh cinta sama temen fitnessnya, Riani yang sukses di tempat kerjanya, Ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsinya, Genta yang sukses sebagai EO sebuah pameran dan Zafran yang semakin tergila-gila sama Arinda adik kembar Arial. Dan akhirnya tibalah tanggal 14 Agustus yang mereka tunggu-tunggu. Diawali dengan sms dari Genta seminggu sebelumnya.
7 Agustus jam 9.00 pagi
“Selamat pagi semuanya gw kangeeeen bgt sm kalian semua, sumpah! Tgl 14 agt nanti qta ktm di stasiun kereta api senen jam 2 siang. trus kl ada acara dr 14-20 Agustus lo batalin dulu yaa. please… ini yg hrs dibw kl gak ada minjem ya. kan ada wkt seminggu: Carrier, bajuanget yg bnyk.senter dan batere .makanan dan snack buat 4 hari… kacamata item.betadine, obat.sendal sepatu. kl bs mulai hari ini olahraga kecil kecilan, apalagi buat ian,gitu aja ya.sampai ktm distasiun senen jam 2. Genta yg lg kangen”.
Itu isi sms yang diterima teman-teman Genta dengan gembira. Setelah berpisah selama 3 bulan mereka antusias banget menunggu hari H tanggal 14 Agustus itu.
Dan dari tanggal 14 Agustus itu, dimulailah petualangan lima sahabat itu selama seminggu. Genta ternyata merancang kegiatan untuk mereka berupa perjalanan ke puncak tertinggi di pulau Jawa, ke puncak Mahameru. Mereka akan mengikuti pengibaran bendera Merah Putih di sana pada tanggal 17 Agustus, yang memang sering dilakukan para pencinta alam. Selama perjalanan banyak peristiwa yang makin memperkaya jiwa mereka berlima.
Apa yang mereka temui selama perjalanan dan bagaimana akhir dari cerita ini..? Mendingan baca sendiri ya… yang jelas Risna, salah seorang bookclub kita ngasih bocoran buat sahabat DeJe kalo adegan yang paling seru tuh waktu ke lima sahabat dalam novel ini lagi mendaki gunung, pas malem ketika tidur di tenda, Genta bilang kalo dia suka sama Riani, tapi Riani bilang di udah lama cinta sama Sarpan, “adegan itu ngena banget, apalagi di puncak ginung Mahameru gitu! (Iful, Ciwi, Risna/ Mei)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar