welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

12.5.11

How to save money?


Dear readers.
Emang nggak semua dari kita bisa nyimpen uang dengan baik. Kebanyakan malah kadang suka bingung kok uang kita habiiis aja nggak bersisa di akhir bulan. Kira-kira gimana coba biar bisa berhemat ria a.k.a nggak boros boros amir. Here are ideas for you to save your money:

1. Kalkulasi
Perhitungan itu beda banget sama pelit lho. Nggak ada salahnya banget kalo kita mulai belajar berkalkulasi dengan segala macem pengeluaran kita. Apalagi kalo anak muda suka nggak tahan godaan sana sini. Berlakuin hukum wajib nulis keperluan di agenda biar kita tahu sumber dana kita dari mana dan buat apa aja. Pengeluaran bulanan seperti pulsa, majalah ataupun fashion stuff bisa jadi sadis kalo nggak pinter ngaturnya. Untuk yang punya pacar, usahain jangan terlalu berlebihan ngabisin uang cuma buat dating yang kurang penting. Boleh juga sesekali nraktir temen pas ada momen dan manjain diri dengan hobi. Tapi tetep sisain minimal 25 persen buat ditabung dari setiap pendapatan kita (baik yang udah bisa nyari uang sendiri atau pendapat hasil jatah dari ortu).

2. Set priority
Prioritas itu bukan soal kuantitas. Tapi kualitas. Jangan mengurutkan keperluan berdasarkan apa yang kamu mau, tapi berdasarkan apa yang kamu butuhin. Urutkan keperluan dari yang berlabel biasa, penting, sangat penting dan mendesak. Misalnya pas liat novel favorit kita udah nangkring di toko buku, sementara kita harus beli buku buat keperluan study at the same time, ya pilihan yang tepat tentunya mendahulukan beli buku yang berkaitan dengan study dulu. Novelnya masih bisa nunggu sampe kita punya dana lagi. Jangan coba-coba mencekik "leher sendiri" dengan beli yang kurang penting sementara ada kebutuhan yang jauh lebih penting. Udah banyak kasus lho, anak sekolahan yang stress gara-gara uang SPP dipake buat hang out.

3. Business project!
Siapa yang punya niat jadi pengusaha? Nah, keinginan kuat menyimpan uang kadang ngebuat kita mikir untuk nyari lebih banyak sumber penghasilan biar bisa nabung lebih banyak tapi tetep bisa nutupin kebutuhan primer, sekunder bahkan -pengennya- tersier. Kenapa nggak nyoba bisnis aja. Hari gini udah banyak teknologi buat promosi sekaligus field bagi mereka yang jeli. Mulai deh dari bisnis yang simple sesuai passion kamu. Emang rada sulit buat nyari celah starting point. Tapi kalo udah dapet langkah awal, pasti langkah-langkah berikutnya bakal ngikutin. Untung-rugi, pinjaman modal yang seret atau bahkan harus berbagi waktu bisnis dengan kerjaan lain itu biasa. Tapi akan jadi sangat luar biasa kalo kita punya niat yang kuat, kerja keras dan tahan banting sama unfriendly-nya calon customer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar