welcome vigorously

I take some time to think, write and arrange all these with spirit and dedicate to you whose spirit!

You are looking for...

14.12.09

Resenssi Film 'Knowing'


KNOWING
Film Kiamat Full Aksi

Produser :
Alex Proyas, Todd Black
Produksi :
Summit Entertainment
Pemain :
Nicholas Cage
Rose Byrne
Chandler Canterbury
Lara Robinson
Ben Mendelsohn
Sutradara :
Alex Proyas
Penulis :
Alex Proyas


Lagi-lagi dunia perfilman tingkat internasional digebrak dengan sebuah film dahsyat yang mantap. Kito di tanah Jambi ko wajib kasih appreciate yang full buat film ini. Gemana enggak, imajinasi yang dilahirin oleh setiap audio maupun visualisasi film ni nunjukin kualitas yang memang yahuud! Awal-awal nonton sih kayaknya ngebosenin gitu ne film. Tapi kedahsyatan film mulai keliatan pas ado pesawat jatoh dari atas. Kualitas audio yang menggelegar bak obat anti tidur yang nggak bakalan bikin kamu lemes ‘n ngantuk selama nonton. Malah nih yo, kita seolah ngerasa bener-bener berada dalam lingkungan sekitar jatohnya pesawat. Serasa nonton tigo dimensi gitu.
Film ni ngandung tema-tema New Age. Setelah nonton film ini, kamu-kamu bakal berpikir film ini bagus, bintang 3 deh. Diawali oleh seorang gadis SD di USA yang mempunyai kemampuan mengingat semua kejadian bencana di seluruh belahan dunia, so mistis gitu kan? Dan ketika di kelas ada pelajaran menggambar, gadis kecil malah menulis di kertas semua angka-angka yang mengandung makna bencana-bencana yang sudah terjadi dan tiga bencana yang akan terjadi di masa depan. Gambar-gambar yang dibuat para murid SD masing-masing dimasukin ke amplop dan dimasukkan ke tabung mesin waktu. Lewat satu upacara sekolah, tabung ini akan disimpan selama 50 tahun dan akan dibuka. Dan masing-masing murid di masa depan akan mendapat satu amplop yang berisi gambaran khayalan dan harapan mereka tentang masa depan. Alur yang digunain flash back gitu, jadi maju mundur deh.
Anak Nicholas Cage mendapat amplop gadis kecil yang sudah meninggal. Teman-temannya mengejek, kira-kira gini bunyi ejekannya, “Ehm semua dapet gambar, cuma kamu yang dapet angka-angka aneh. Hayo, ada yang bisa tebak dak alesannya?
Cerito dilanjutin dengan penguakan tabir-tabir misteri lewat ketidaksengajaan Nicholas Cage yang naruh gelas di atas kertas itu dan membuat kertas itu sedikit basah. Akhirnya Nicholas Cage pengin tau misteri dan maksud dari angka-angka tersebut. Lewat internet, dio tuh nyari makna angka-angka tersebut yang ternyata menunjuk samo peristiwa-peristiwa bencana yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia. Bukan Cuma itu, tapi jugo lengkap dengan jumlah korban yang meninggal. Hal ini mengejutkan Nicholas Cage, siapolah yo gerangan si pemilik kertas angka-angka tu.
Akhirnyo dio tau jugo kisahnyo. Eits, tapi ado tiga deret angka yang dio bingung apo maknanyo, namun seiring berjalannyo waktu, satu per satu biso terungkap yang ruponyo adalah tiga bencana yang bakal terjadi berhubungan dengan diri dan keluarganya. Bencana paling terakhir yang terungkap ternyata adalah bencana kiamat. Cuma anak Cage dan cucu gadis kecil itu yang dibawa rapture (selamat dalam pengangkatan oleh para malaikat). Nicholas Cage, ayah dan ibunya, serta tante anaknya, tewas dalam peristiwa api membakar habis seluruh dunia. Asli menegangkan!!
Ehm, film yang menegangkan dan misteri. Khayalan sutradara tentang akhir zaman memang menarik, dan sedikit menghubungkan dengan salah satu kepercayaan sepertinya. Nicholas Cage digambarkan sebagai dosen fisika yang percaya akan segala sesuatu terjadi karena ketidaksengajaan alias kebetulan. Namun sejak misteri kertas angko-angko itu terpecahkan, dio berubah pandangan terhadap hal tersebut.
Film yang menarik. Kalo berpikir tentang kiamat, maka film yang terlintas di kepala kita pastinyo adalah left behind, Tribulation Force, World at War, dan Left Behind 4 yang lagi digarap. Semuonya berdasarkan pada penafsiran premilenial-pretribulation yang ditulis Tim Lahaye dan Jerry B Jenkins dalam novel 13 Jilid Left Behind. Mungkin film Left Behind 4 baru rampung pada awal tahun 2010.
Balik lagi dengan cerito film knowing, dikisahin John Koestler adalah pria yang harus nyelametin diri setelah hitungan-hitungan seram tentang masa depan jadi kenyataan. Ya, emang film ini nggambarin seolah-olah kehidupan yang bakal kiamat. So, seolah-olah kita emang bener2 ngerasain kiamat. Hfff.......Mengerikan. But, itu tuh tantangannya nonton film.
Tahun 1958, kayak yang udah DeJe ceritoin tadi, sekelompok pelajar sekolah dasar diminta ngegambar sesuatu dan disimpan dalam sebuah kapsul. Namun seorang gadis cilik misterius meletakkan sebuah kertas yang penuh dengan barisan angka-angka. Lima puluh tahun kemudian, murid-murid angkatan baru membuka kapsul tersebut. Kertas milik gadis cilik misterius itu jatoh kepada Caleb Koestler. Tapi ayah Caleb, Prof John Koestler, mulai nemuin kode-kode terselubung menyangkut tanggal, kematian dan koordinat dari musibah besar yang terjadi selama 50 tahun terakhir. Angka-angka yang berdaya magis. Tapi ni film bukan sekedar mempertontonin kemisteriusan yang nggak jelas. Tetep edukatif, tetep imajinatif.
Secara iseng, John akhirnya bisa mengetahui bahwa angka-angka yang ditulis Luciana adalah ramalan sederetan peristiwa mengerikan yang terjadi di dunia. Kasus teroris WTC, kebakaran besar, badai, sampe tsunami yang terjadi dalam kurun waktu 50 tahun (sejak ditulis oleh Luciana) nyatonyo biso diramalkan dengan tepat.

John jadi semakin yakin waktu kecelakaan pesawat yang tepat terjadi di depan matanya, jugo tertulis dikertas tersebut. John semakin panik waktu Caleb ngaku didatangi orang-orang yang tidak dikenal dan sering mengganggu tidurnya dengan tampilan-tampilan peristiwa mengerikan. Bukan Cuma itu, ternyata Luciana juga menuliskan mengenai kiamat. Sayangnya, angka yang ditulis tidak lengkap, karena dulu, ketika ditulis, kertasnya lebih dahulu direbut sang Guru.
Lepas dari semuonya, film ni ado yang sedikit kurang sreg. Karena, menurut DeJe adegan Caleb yang didatangi alien bukan sesuatu yang penting. Mengenai ending yang menampilkan kiamat sudah tepat, tapi adegan Caleb diculik alien ngerusak jalan cerita film ini. Adegan mengerikannyo jugo sedikit, walaupun pengambaran kecelakaan kereta bawah tanah pastinyo bikin kalian ketar-ketir gemana getoo...
DeJe punyo info nih buat pembaca. Knowing, berhasil meluncur ke posisi puncak box office di penampilan minggu pertamanya. Film fiksi ilmiah yang dibintangi Nicolas Cage itu mampu meraup US$ 24,8 juta. Di film yang digarap oleh Alex Proyas itu, Cage memerankan tokoh John Koestler. John adalah seorang guru yang secara dak sengajo nemuin penghitungan datengnyo hari kiamat. Selain Nicolas Cage, Knowing jugo dibintangi aktris Rose Byrne dan aktor cilik Chandler Canterbury.(mei)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar